Monday, September 15, 2008

Rahasia Umur Panjang Penduduk Himalaya


Tahukah Anda bahwa di beberapa tempat terpencil di pegunungan Himalaya, penduduknya memiliki usia lebih dari 100 tahun? Bukan itu saja, di usia lebih dari 100 tahun, kondisi kesehatan mereka sangat menakjubkan. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi fenomena tersebut, selain karena hidup jauh dari pengaruh buruk modernisasi, pola makan yang alami, ternyata mereka pun memiliki kebiasaan memakan sejenis buah berry merah kecil setiap harinya. Buah berry merah kecil ini ternyata adalah buah dengan potensi antioksidan paling tinggi di seluruh penjuru dunia. Buah itu dikenal dengan nama buah Goji.
Buah Goji (Lycium barbarum) tidak hanya di kenal di Himalaya, tapi juga di kenal oleh masyarakat Cina. Sebuah legenda tentang seorang bernama Li Quing Yuen yang lahir pada tahun 1678 dan hidup selama 252 tahun, mengaku bahwa salah satu rahasia umur panjangnya adalah konsumsi sup buah Goji setiap hari.
Tidak heran kalau dalam Traditional Chinesse Medicine, buah Goji sangat berperan dalam berbagai jenis resep untuk berbagai jenis penyakit. Bahkan buah Goji merupakan salah satu komposisi kunci dalam resep-resep keluarga kerajaan di China, termasuk salah satu komposisi untuk resep favorit awet muda para putri dan ratu.
Baru pada abad ke 20, dunia barat dan riset modern menguak keajaiban buah Goji secara ilmiah dan faktual.

No comments: